Tuesday, March 9, 2010

PHOBIA ..

Apakah kamu termasuk orang yang takut kepada ' SESUATU ' ?? Banya orang di muka bumi ini takut akan sesuatu .. Termasuk aku yang sangat takut akan ' JEMBATAN PENYEBRANGAN ' .. Brr -- Entah kenapa merinding banget begitu naik jembatan penyebrangan yang dibawahnya ada JALAN RAYA .. Pusing banget aku kalau ngeliat banyak mobil atau motor berlalu lalang di bawah kaki ku layak semut mencari gula .. Naaah -- kali ini aku mau ngasih tau sedikit tentang PHOBIA ( istilahnya ) .. Apakah kamu termasuk ?? Check IT !!

Penyebab :

Ada banyak faktor yang membuat kamu takut kepada sesuatu .. Baik Barang ,, Binatang ataupun kondisi .. Diantaranya karena kamu pernah mengalami kejadian yang menakutkan yang membuat kamu beci dan takut kepada OBJEK dalam kejadian tersebut ..

10 Phobia Terbanyak Yang Dialami Manusia :

Emm -- kita ambil 10 Phobia yang paling dialami oleh seluruh manusia di muka bumi .. Check IT !!

1. Takut Ular !!



Ini merupakan jenis phobia yang paling sering dijumpai .. Ketakutan secara berlebihan pada ular dikaitkan pada kemampuan nenek moyang kita bertahan di alam liar .. Ular sejak dulu dianggap hewan berbisa ,, menjijikkan ,, dari masa ke masa .. Bahkan juga diidentikkan dengan setan oleh keyakinan tertentu .. Ternyata phobia akan ular ini bersifat evolusioner ,, diturunkan oleh nenek moyang manusia sejak zaman dulu sampai sekarang ..Mungkin PHOBIA ini yang paling ditakuti oleh orang yang benci dengan HEWAN BERSISISIK .. Aku Curhat duluu yaah ,, Ini Cerita tentang Pembantu aku ,, Pembantu aku tuh paling takut ma yang namanya ULAR !! Karena dulu tradisi aku ma saudara itu ngejailin pembantu ,, kita taruh majalah yang bergambar ULAR di kasur Pembantu aku .. Alhasil ,, begitu Pembantu aku masuk ke kamar -- lalu tiduran di kasur -- Pembantu aku ngerasa ada yang ditidurin .. Beliau pun mengambil majalah itu dan buka - buka majalah tersebut ..10 Detik Kemudian ------ > Terdengar jeritan melengkin dari kemar pembantu aku .. Hha - Hha ,, aku waktu itu aku ketawa ngakak dan ujung - ujungnya ngerasa bersalah juga :P .. Pembantu aku bilang ,, dia takut sama ular karena .. Waktu di desanya ,, ceritanya lagi main gitu sama sohibnya di sawah .. Dan gag sengaja ,, teman itu nginjel ular sawah .. Jelas ajah Ularnya dendam karena diinjek sembarangan .. Alhasil ,, dipatok ajah kaki temennya pembantu aku itu .. Karena , Pembantu aku terlalu panik dan histeris .. Temanya itu terlambat diselamatkan .. Dari kisah itulah Pembantu aku jadi gag suka ma ULAR .. Apakah alasan anda juga sama ??


2. Takut Laba - Laba !!




Ditemukan bahwa kaum perempuan empat kali lipat lebih banyak jumlahnya yang takut atau jijik pada laba-laba daripada kaum lelaki ( Wajar laah :) ) .. Kalau gag salah aku pernah baca kalau ,, pada studi yang dipublikasikan di jurnal Evolution and Human Behavior ,, David Rakison dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh mengatakan bahwa bayi perempuan usia 11 bulan mampu mengekspresikan ketakutan begitu melihat gambar laba - laba dan ular ( wuiiis -- keren banget gag ?? ) ,, sedangkan bayi lelaki tidak .. Teori evolusi mengatakan bahwa hal itu wajar ,, sebab kaum perempuan sering bersua laba-laba di rumah ,, atau saat mereka menyiapkan makanan di dapur .. Sedangkan kaum lelaki cenderung diajarkan untuk berani pada hewan tersebut ketika berada di alam liar .. Setelah ku tanya pada temen - temen aku yang memang PHOBIA LABA - LABA SEJATI ^^ ,, mereka takut ma Laba - Laba karena dilihat dari fisiknya yang .. BRRR -- Kakinya kan berbulu ( sebagian ) ,, matanya kecil - kecil dan ada juga yang bermata banyak .. Apakah itu Alasanmu juga jika kamu PHOBIA LABA - LABA ??




3. Phobia Orang Lain !!



Pernah bertemu orang yang mukanya memerah saat bicara di depan orang banyak ?? Berkeringat ,, susah bicara atau gagap atau bahkan sampai sakit perut ?? Itulah ciri-ciri orang yang takut pada orang lain atau dikenal dengan nama sosialphobia .. Sebanyak 15 juta orang Amerika dewasa menderitanya ,, demikian menurut National Institute of Mental Health .. Yang parah ,, kadang bukan saat melakukan pembicaraan di depan umum saja .. Penderita sosialphobia juga kerap kesulitan makan atau minum di depan orang banyak .. Gejalanya baru terlihat setelah memasuki usia puber .. Temen aku ada nih yang SOSIALPHOBIA .. Setiap kumpul - kumpul dia pasti ngehindar ,, setiap disuruh berbicara di depan umum .. Dia wajahnya memerah dan berkeringat deras ^^ .. Kasihan aku ngeliatnya :( ..



4. Phobia Ruangan Tertutup !!




Dikenal juga dengan nama agoraphobia ,, ketakutan ini diderita oleh 1,8 juta orang Amerika berusia dewasa ,, demikian menurut laporan National Institute of Mental Health pada tahun 2008 .. Tempat tertutup yang dianggap sulit untuk mereka melarikan diri atau keluar merupakan obyek yang paling ditakuti .. Biasanya mereka takut pada elevator / lift ,, ruang oleh raga tertutup ,, jembatan ,, kendaraan transportasi umum ,, mobil ,, mall ,, bahkan juga pesawat .. Penderita biasanya malas bepergian atau berada di dalam mobil terlalu lama .. Waaah -- pembaca semua harus hati - hati niih ! Malas juga ternyata ujung - ujungnya ada dampaknya juga :) ..




5. Phobia Ketinggian !!



Ini adalah jenis phobia yang juga lumayan banyak penderitanya ( Termasuk aku !! ) .. Diperkirakan sebagnyak 3 - 5 % dari seluruh populasi dunia menderita akrophobia ,, takut berada di tempat tinggi .. Pada riset yang pernah dilakukan ,, penderita akrophobia merasa semua tempat tinggi berjarak lebih tinggi dari yang sesungguhnya ( Hha -- Hha ,, aku banget nih ! ) .. Misalnya tinggi sebenarnya hanya 3 meter tapi kita ngerasanya 100 METER ( lebay yaah ?? )!! , maka di mata penderita akrophobia ,, mereka seperti melihat obyek yang tingginya 100 meter .. Seperti saat naik JEMBATAN PENYEBRANGAN ,, ekskalator ,, atau wahana - wahana yang menyangkut ketinggian ( Seperti Halilintar ,, Roller Coaster ,, dll ) .. Biasanya orang yang menderita akrophobia saat merasakan ketinggian akan merasa pusing ,, mual ,, sakit perut dan yang paling parah itu samapi pingsan ..




6. Phobia Kegelapan !!



Takut pada kegelapan yang diderita anak-anak ternyata adalah phobia paling umum juga .. “ Anak-anak mempercayai imajinasinya bahwa di kegelapan bisa mendadak muncul hanti, penculik, atau perampok .. ” jelas Thomas Ollendick ,, Profesor psikologi dan direktur Child Study Center di Virginia Tech. Secara normal ,, ketakutan ini akan hilang seiring dengan bertambahnya usia .. Namun jika hingga usia dewasa kita masih menderita ketakutan pada gelap ,, maka artinya kita menderita nyctophobia .. Waah -- serem juga ni Phobia .. Serasa Dunia terlihat gelap gulita .. Wkwkwkwkwkwk




7. Phobia Kilat / Halilintar ..



Bagi para penderita phobia ini ,, suara halilintar dan kilat akan terasa seperti menghentak jantung ,, bahkan membuat mereka berkeringat ( atau juga langsung mati ditempat saking takutnya .. Sadiiis -,-) .. Penderita yang parah bahkan sampai memutuskan pindah ke daerah yang aman dari petir dan kilat ,, demikian kata John Westefeld ,, ilmuwan dari University of Iowa Westefeld melaporkan ,, dari surveinya terhadap mahasiswa di tahun 2006 ,, sebanyak 73 % menderita ketakutan ringan pada cuaca .. Namun kebanyakan mereka malu untuk mengakuinya .. Bagi mereka yang phobia pada kilat dan halilintar ,, ada baiknya mulai melatih rasa panik dan kecemasan .. Dengan melatih cara untuk menangani panik dan kecemasan ,, Phobia ini akan hilang ..





8. Phobia Terbang !!



Jangan dikira mereka ini orang udik yang belum pernah naik pesawat ,, sebab faktanya sebanyak 25 juta warga Amerika juga menderita phobia ini .. Nama penyakitnya adalah aviophobia ,, dimana seseorang sangat takut naik pesawat .. Bisa jadi memang sudah sejak lahir begitu ,, atau ada yang pernah mengalami kecelakaan pesawat sehingga merasa trauma naik pesawat lagi, sebab peristiwa mengerikan itu terus terbayang ..



9. Phobia Anjing !!



Tidak usah harus anjing besar jenis doberman ,, anjing yang imut macam pudel pun ditakuti .. Penderita cynophobia ini mengalami rasa takut digigit anjing ,, bisa jadi memang pernah digigit atau melihat orang lain digigit anjing ,, demikian menurut profesor psikologi Brad Schmidt dari Ohio State University ..



1o. Phobia Dokter Gigi ..


Bukan cuma anak kecil lho yang takut ke dokter gigi ,, dewasa juga ada .. Sebanyak 9 - 20 persen orang Amerika ternyata menghindari memeriksakan giginya ke dokter walau sudah dalam kondisi parah sekalipun .. Rasa takut ini lebih disebabkan oleh rasa nyeri yang timbul ketika plak gigi dibersihkan ,, dan memang tidak semua orang bisa menahannya .. Phobia memang macam - macam yaah ?? Hha -- Hha ,, apakah anda semua termasuk pada 10 Phobia yang saya ulas ??


Sekian dulu Postinganya :) :) :)







0 comments:

Post a Comment